Pernah nggak kamu melihat sesuatu di sekitarmu yang terlihat menyerupai wajah atau bentuk mahluk hidup? Padahal apa yang kamu lihat itu hanya benda-benda biasa. Atau, pernahkah kamu mendengar suara-suara yang menyerupai sesuatu dalam bayanganmu? Kalau kamu memang pernah mengalami kejadian hal itu, maka kamu perlu memahami jika hal tersebut merupakan sebuah fenomena yang bernama Pareidolia.

Pareidolia merupakan sebuah fenomena psikologis yang menyebabkan sebagian orang melihat sebuah gambaran atau mendengar suara samar-samar seolah memiliki arti tertentu. Untuk diketahui, kata Pareidolia adalah gabungan dua kata dari bahasa Yunani kuno, yakni “para” yang artinya sesuatu yang salah dan “eidolon” yang berarti gambaran atau bentuk. Jadi, sebenarnya Pareidolia adalah peristiwa di mana kamu melihat pola atau gambaran dalam sesuatu yang sebenarnya tidak berarti apa-apa.

Bingung? Nah, di bawah ini Hipwee punya sederet visual yang bisa memberikan gambaran tentang fenomena itu. Yuk, langsung saja lihat. Cekidot!

1. Padahal ayam, tapi kelihatannya seperti sebuah wajah dengan mulut besar seolah lagi berteriak atau marah

waaaa~ via www.gooza.com

2. Jadi kayak ada dua muka anjing ya…

dat me? via imgur.com

3. Ketika kotoran burung yang jatuh terlihat seperti wajah burung yang sebenarnya

Advertisement

kok jadi kayak gambar… via p-i-p.me

4. Ketika kura-kura punya bayangan wajah pria lengkap dengan brewoknya

loh~ via imgur.com

5. Kira-kira apa yang bisa kamu lihat dari gambar ini?

cantik ya? via www.taringa.net

6. Saat minuman yang kamu pesan punya wujud begini… Kira-kira gimana?

😮 via byaki.net

7. Melihat tas itu kok ya rasanya jadi sedih. Habis kayak lagi cemberut gitu sih…

ugh 🙁 via www.galamedianews.com

8. Pohonnya lucu banget sihMasa bisa kaget gitu 😀

wow! via www.okchicas.com

9. Ketika pohon kaktus harus panjat tebing, seperti inilah kira-kira jadinya

manjat banget nih? via p-i-p.me

10. Saat bangku tertutup salju dan menghasilkan wajah nan lucu… Gemas!

happy snow~ via www.boredpanda.com

11. Mungkin kalau bisa ngomong dia bakal bilang, “toloooong!”

12. Asap kebakaran yang mengepul di udara ini bak monster. Seram banget 🙁

kok serem, ya… via www.taringa.net

13. “Ampuuuuuuuun,”

14. Ajaib, bayangan di panci-panci itu seperti wajah seorang yang cantik

cantik~ via startface.net

15. Apinya kok jadi seperti gadis anggun seperti itu ya

🙂 via bbs.ruliweb.com

Ya, itulah dia sederet gambar yang bisa menjelaskan fenomena pareidolia. Hihihi. Seberapa sering sih dalam keseharian kamu mengalami fenomena ini?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya