Banyak hal yang bisa membuat cewek bersedih hati. Tak hanya kegagalan dalam karir, kehilangan sesuatu yang berharga, tapi kadang hal sepele seperti saat datang bulan pun punya dampak besar mempengaruhi moodnya. Dan sebagai pasangan, cowok perlu berusaha untuk membuat ceweknya tak lagi bersedih hati. Ada banyak cara sebenarnya, tapi yang aling ampuh katanya memang dengan diusap kepalanya atau direngkung pundaknya.

Tapi, ada kalanya gestur seperti itu tak berhasil membuatnya tenang. Yang ada justru dia yang semakin berlarut dalam kesedihannya semakin dalam. Saat usapan di kepalanya belum cukup menenangkan kesedihannya. Kamu sebagai cowok bisa mencoba mengganti gestur tersebut dengan mengucapkan kalimat-kalimat di bawah ini. Dibaca baik-baik ya, siapa tahu nanti kamu membutuhkannya.

1. “Gimana, Yang? Apa yang bisa aku bantu?”

Aku bisa bantu apa? via www.dylansara.com

Kalimat yang sederhana memang, namun maknanya jauh lebih dalam. Meskipun terkadang dirinya belum jelas tahu, penyebab pasti sedihnya ini. Namun tawaranmu untuk membantunya terdengar seperti angin segar di kala mood-nya yang berantakan.

2. “Jangan sedih lagi dong…. Kan ada aku di sini,”

Ada aku di sini via www.dylanmhowell.com

Advertisement

Kehadiranmu sebenarnya sudah jadi salah satu obat paling ampuh untuk menenangkannya. Tak perlu muluk-muluk, cukup dengan mengatakan bahwa dia nggak akan sendirian sebab ada kamu di sisinya. Klise memang, tapi siapa yang tahu kalau ucapanmu yang meyakinkan itu bisa bikin hati dan pikirannya lebih tenang.

3. “Sini peluk dulu. Lama nggak apa-apa asal kamu nggak sedih lagi,”

Peluk duu sini, Yang~ via www.dylanmhowell.com

Pelukanmu ini memang bukan yang pertama, tapi bisa saja cewekmu merasakan hal yang berbeda. Apalagi jika pelukan itu ditambahi dengan kalimat penyemangat yang dibisikkan dengan hangat. Mood-nya yang terjun bebas tadi, bisa pelan-pelan kembali tertata.

4. “Aku yakin kamu bisa ngelewatin semua ini. Kamu jauh lebih kuat dari yang kamu kira,”

Kamu itu kuat. Dan aku percaya banget akan hal itu via www.dylanmhowell.com

Nggak perlu kalimat motivasi yang muluk-muluk, asal kamu katakan dengan tulus apapun bisa membuatnya tenang dan kembali semangat.

5. “Sedihnya sekarang aja, ya? Nanti sore harus udah ceria kayak biasanya,”

Sedih boleh. Tapi jangan lama-lama via www.logancoleblog.com

Kamu juga bisa memberikan jangka waktu untuknya bisa menikmati kesedihannya. Bukannya mengekang, namun dengan cara itu kamu bisa menumbuhkan semangatnya untuk tak lagi bersedih.

6. “Sesedih apapun kamu, tetap ingat ya akan selalu ada pundakku untuk tempatmu bersandar,”

Pundakmu selalu ada untukmu via www.giphy.com

Selain sedihnya pelan-pelan berkurang, dia juga akan merasa begitu kamu perhatikan. Buktinya kamu sampai rela menyediakan pundakmu untuk bersandar kapanpun dia butuhkan.

7. “Kalau ada yang mau kamu ceritakan, aku selalu siap. Tengah malam pun aku siap dengerin curhatanmu.”

Kalau mau cerita, aku siap kok jadi pendengar yang baik via www.elizabethwells.com

Karena cowok yang selalu siaga seperti ini, bisa menjadi pengobat kesedihan bagi ceweknya. Sebab, nggak semua cewek langsung mau menceritakan tentang penyebab kesedihannya ini. Dia kadang butuh waktu untuk sendirian dulu, baru bisa berbagi cerita denganmu.

8. “Kalau kamu sedih, aku juga sedih. Jadi sedihannya udahan dulu dong, biar kita bisa sama-sama seneng seperti biasa,”

Kamu sedih, aku juga ikutan sedih lho via annierubyphotos.com

Saat kamu udah nyaman menjalani hubungan dengannya, akan ada semacam ikatan batin antara kamu dan dia. Rasa sedihnya nggak hanya dia aja yang merasa. Kamu bahkan juga bisa merasakan hal yang sama hanya dengan melihat muka murungnya. Ajakanmu untuk tak berlarut-larut dalam kesedihan ada benarnya juga. Sebab kamu tak mau kalian berdua hanya terlena dengan kesedihan bersama.

9. “Sedih itu hal yang wajar kok, Yang. Tapi jangan lama-lama ya, biar nggak ganggu hari dan kegiatanmu,”

Sedih itu wajar kok Yang via annierubyphotos.com

Merasa sedih memang hal yang manusiawi. Semua orang pasti pernah merasakannya. Begitu pula dengan cewekmu sekarang. Namun, jangan sampai kesedihannya itu justru menjadi perusak konsentrasinya dalam bekerja. Karena pada akhirnya dia sendiri yang akan merugi kalau sedihnya berlarut-larut.

10. “Aku juga pernah sedih sekali dan rasanya mau nyerah. Tapi ada kamu yang selalu nyemangatin. Nah sekarang giliran kamu yang jangan nyerah ya….”

Sekarang giliran kamu yang jangan sedih via www.giphy.com

Untuk menenangkan cewekmu, kamu juga bisa berbagai sedikit pengalamanmu. Ceritakan juga bagaimana dulu cewekmu turut menyemangatimu agar tak sedih lagi. Sekarang giliranmu untuk menaikkan lagi mood cewekmu yang lagi terjun bebas ini.

11. “Kalau aku beliin minuman mangga ala-ala kamu jangan sedih lagi ya, Hehehe ”

Aku beliin ya? Kan kamu suka sama minuman itu via www.benjhaisch.com

Demi cewekmu yang lagi sedih, segala cara pun kamu lakukan. Salah satunya dengan iming-iming makanan yang jadi kesukaannya saat ini. Meski terkesan seperti anak kecil, namun kalau berhasil ‘kan nggak hanya kamu aja yang senang. Cewekmu juga senang karena bisa terlepas dari kesedihan yang sedari kemarin membelenggu.

Nggak ada salahnya kamu mengatakan hal-hal tersebut saat cewekmu lagi bersedih hati. Daripada terus-terusan melihatnya murung dan tak ada semangatnya lagi, lebih baik berusaha lebih gigih seperti ini.

Karena kalau dia kembali ceria, kamu juga pasti ikutan bahagia. Iya nggak?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya